YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Thursday, September 27, 2012

4 hari 3 malam di Secapa AD

HIYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!

Fuh capek bangetbanget. Kenapa cobaaaa? Siapa yang tauuuuuuuuuuuu?

Oke deh kalau pada gak tau. Hari ini gue baru pulang dari secapa. Kayaknya jam 12an gue sampai sekolah. *Secapa? Apaan tuh?*
SECAPA AD (Sekolah Calon Perwira) itu adalah salah satu tempat latihan militer gitu di kota Bandung yang ada di Hegarmanah No. 152. Gue ke sana cuma ada satu tujuan, yaitu Latian Kepemimpinan Siswa (LKS). Kegiatan tersebut merupakan hal yang diwajibkan oleh Dinas Pendidikan bagi seluruh siswa baru kelas X kota Bandung dan harus diikuti, kalau tidak maka ada susulan yang nantinya di campur dengan siswa dari sekolah lain. 

Mungkin dari kata-kata yang tadi gue sebutkan di atas kalian tau kan apa aja yang gue lakuin selama di SECAPA?

Gue dan seluruh kelas X SMAN 11 Bandung benar-benar di latih kedisiplinan. Selain itu kita juga diajarkan mandiri dan tidak manja. Gue di sana selama 4 hari 3 malam. Tidur jam 10-11an malam dan bangun jam 3 pagi untuk sholat tahajud bagi yang muslim (non muslim menyesuaikan). Capek, haus, pegel, lemes, dan banyak aturannya. Kami dibentak-bentak dan itu membuat kami terutama gue sadar banget. Sebenernya kalau kami mengikutinya dengan baik mungkin tidak akan ada bentakan dari akang&teteh, tetapi karena ada satu dua orang atau bahkan lebih yang suka melenceng dari aturan maka kami lebih di peringatkan lagi.

Latihan PBB juga gak lupa ya pastinya. Lalu duduk siap (tegak, pandangan ke depan, tidak ada gerakan apapun kecuali bernafas dan berkedip) hampir sama seperti siap gerak kalau di PBB. Terus ada materi yang berisi tentang Latian Kepemimpinan Siswa.

Kami tidur di sebuah barak, dimana baraknya itu berisi kurang lebih 25 tempat tidur. Karena di kelompok gue ceweknya banyak jadi si gue tidur berdua sama temen gue yang lainnya. Barak itu semacam asrama lagi buat para calon perwira yang tinggal di sana.

Selama gue ada di Secapa gue kagum. Semuanya tertib dan disiplin serta tidak pernah lupa untuk hormat kepada yang jabatannya lebih tinggi atau usianya lebih tua dari kita. Walau lagi jalan juga pasti memberi hormat dulu. Setiap pagi jam 3 gue bangun, pasti udah ngedenger para tentaranya lari pagi sambil nyanyi sampai sekitar jam 5an. Terus siangnya lari lagi bawa-bawa senapan, terus malamnya lari lagi dan terus sambil bernyanyi.

Wuuuuh pokoknya rame banget ya Secapa itu. Gak bisa diceritain satusatu disini karena gak mungkin banget dalam 4 hari 3 malam gue cerita di sebuah blog ini. Pasti bakal bosen bacanya, ya kan?

Jadi......... cobain aja deh. Rame banget kok apalagi akang, teteh, dan para amongnya yang tegas namun tidak ada kontak fisik yang membuat kita sadar atas kesalahan kita.

2 comments:

  1. waaah.. iyaa kayanya rame bangeet.. taggal 9 januari nanti aku juga lks.. bakalan ngerasain deeh..

    ReplyDelete
  2. rame loh hihi enjoy yaaa semangat^^

    ReplyDelete